Cara Sederhana Mengetahui Ph Tanah di Lahan Apakah Asam Atau Tidak, Cukup Dengan Melihat Apakah Dilahan Tersebut Terdapat Tumbuhan Melastoma Malabathricum, Dalam Bahasa Minang Dikenal Dengan Sikaduduk Atau Seduduk di Jawa DisebutSenggani Atau Kemanden, Disunda di Sebut Harendong Dibugis Disebut Biccoro. Jika Tanaman Tersebut Tumbuh  Mengindikasikan Lahan Tersebut Memiliki Ph Tanah Yang Asam Atau Ph Dibawah 7.

Cara Berikutnya Menggunakan Kunyit Seukuran Jempol Tangan, Potong Menjadi Dua Bagian. Langkah Selanjutnya Ambil Sampel TanahDari Keempat Ujung titik Tambah  Satu Titik Ditengah Lahan. Kemudian Aduk Secara Merata Dan Basahi Dengan Air.
Tahap Selanjutnya Masukkan Satu Bagian Kunyit Yang Telah Dipotong Kedalam Tanah Yang Sudah di Basahi Lebih Kurang 30 Menit, Lalu angkat, Kemudian Perhatikan Dan Bandingkan Dengan potongan Kunyit Yang tidak Dicampur Kedalam Tanah. Jika Kunyit Menjadi Pudar, Maka di Pastikan Lahan Tersebut Memiliki Kadar Keasanman Yang Tinggi, Jika Warna Kunyit Tetap, Ph Tanahnya Netral Mendekati 7, Sedangkan Warna Kunyit Menjadi Biru, Maka Kadar Kasaman Tanah Tersebut Rendah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA GABUNG DI NASA LEWAT ONLINE

fermentasi Gedebog Pisang Dengan Viterna Dan Tangguh Prebiotik